Jumat, 03 Januari 2014

Pulau Sempu


Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu di Malang

Rating: 90 out of 100, by 103 users 
Pantai Sendang Biru - Jawa Timur : Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu di Malang
Salah satu daerah tujuan wisata pantai di Malang adalah Pantai Sendang Biru dengan selatnya yang indah dan Pulau Sempu yang menyimpan sejuta misteri. Menyusuri pantai atau mengelilingi Pulau Sempu dengan perahu motor tempel berkekuatan 16 PK merupakan sensasi tersendiri.
Ketika berada 1 mil di sekitar pantai, ombak paling tinggi hanya sekitar 1 m. Memasuki 2 -3 mil, ombak bisa mencapai 2 – 3 m. Namun tidak terlalu deras. Namun saat berada 4 mil, ombak bisa mencapai 4 m serta cukup deras arusnya.
Pantai Sendang Biru adalah satu lagi pantai yang terletak di Kabupaten Malang. Tepatnya di 30 Km bagian selatan Malang, Sendang biru berada di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Di sebut dengan Pantai Sendang Biru karena dipantai ini ada sumber air atau yang lebih dikenal dalam bahasa Jawa Sendang yang berwarna biru.
Pantai Sendang Biru berpotensi sebagai obyek wisata yang sangat indah yang bisa dikunjungi. Di samping itu, bagi mereka yang ingin menyebrang ke Pulau Sempu, pasti harus melewati pantai Sendang Biru terlebih dahulu.
Dengan adanya pulau Sempu ini, membuat pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak terlalu besar layaknya pantai laut selatan lainnya.
Di pantai Sendang Biru ini ini juga dikenal sebagai tempat pendarat dan pelelang ikan di Malang. Dinamakan pantai Sendang Biru karena di pantai ini terdapat sumber mata air yang biasa disebut sebagai sendang, dan berwarna biru.
Saat ini, secara resmi pantai Sendang Biru dikelola oleh perusahaan negara milik Forestay. Untuk itu, terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang pariwisata di Sendang Biru seperti, penginapan, guess house, rumah jaga dan persewaan perahu.
Untuk mencapai pantai ini, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, juga kendaraan umum. Untuk kendaraan umum bisa diakses menggunakan Mikrolet jurusan Gadang “ Turen” Sendang Biru.
Sepanjang perjalanan selama dua setengah jam, kita akan melihat keindahan puhuan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Sempu. Kadang kita terpana melihat salah satu pulau kecil setinggi lebih kurang 8 m, bisa hilang tertutup buih-buih deburan gelombang yang membumbung tinggi akibat menghantam tebing pulau dengan kerasnya.
Pantai Sendang Biru juga dikenal dengan Pulau Sempu-nya terletak di Kabupaten Malang, tepatnya di jarak 30km bagian Selatan Kabupaten Malang dan bila dari kota Kabupaten Malang pusat ber-jarak tempuh kurang lebih 75km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Kabupaten Malang.
Jika beruntung sekumpulan lumba-lumba akan menari-nari di samping anda. Atau penyu yang dengan tenangnya berenang di dekat anda.
Puas mengelilingi laut di sekitar Pulau Sempu, wisatawan bisa beristirahat di tepi pantai dan berenang. Tetapi tetap harus hati-hati karena ubur-ubur kadang muncul dan hiu melintas. Bisa juga kita memasuki hutan belantara di Pulau Sempu, namun yang terakhir ini wajib ditemani oleh seorang pemandu wisata untuk menghindari bahaya tersesat. Saat senja perahu yang kita sewa akan datang menjemput sesuai dengan permintaaan kapan harus dijemput.
Bagaimana? tertarik untuk berpetualang di laut sambil mengelilingi Pulau Sempu?. So, persiapakan segera segala sesuatunya. Mulai alat komunikasi berupa HP dan HT serta petugas atau siapa saja yang siap dihubungi, obat-obatan P3K, dan alat keselamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar